Belajar membuat form input data dengan vba excel


 Menggunakan Fungsi Form Excel

Form Input Excel
Contoh form Excel

Cara pertama untuk membuat FORM input data entry adalah menggunakan fungsi FORM yang sudah disediakan.

Kekurangan menggunakan cara ini adalah kita tidak bisa membuat form sesuai dengan keinginan kita.

Sedangkan kelebihannya, kita tidak perlu susah-suah membuat:

  • desain form,
  • label,
  • format text, dan
  • command button.

Tugas kita adalah menentukan kolom-kolom tabel yang akan digunakan untuk menampung data.

Kemudian klik fungsi FORM, maka akan muncul form untuk memasukkan data ke tabel excel.

Form di atas adalah contoh hasilnya.

***

Apa saja langkah-langkah untuk membuat form dengan menggunakan fungsi form yang disediakan Excel?

Berikut ini urutan prosesnya:

  • Misalkan kita ingin membuat form input yang terdjiri dari
    • data kode
    • akun,
    • nama akun dan
    • Laporan.
  • Pertama kita membuat tabel yang terdiri dari kolom kode akun, nama akun dan laporan.
  • Selanjutnya, pilih fungsi FORM di Quick Access Ribbon.
  • Bila fungsi form belum ada di Ribbon Quick Access, tambahkan dari menu option –  quick access lalu pilih FORM.
  • Setelah muncul form input data, masukkan semua data akun dengan memilih tombol new setiap kali akan memasukkan data akun baru.

Gampang kan?

 

#1: Menggunakan Form Sendiri

from input data macro excel
Contoh from input data Macro Excel

Cara atau metode kedua untuk membuat form input data adalah dengan membuat form entry data dengan Macro Excel

Apa kelebihan dan kekurangan metode ini?

Kelebihannya adalah kita bisa membuat form dan tombol buton sesuai keinginan kita.

Sedangkan kekurangannya adalah bagi yang belum terbiasa mungkin terasa tidak mudah dan ribet.

Karena harus tahu tahu kode-kode program yang digunakan di Macro Excel.

Contoh form input data yang dibuat dengan menggunakan metode kedua ini adalah seperti di atas.

***

Bagaimana cara membuat form data entry dengan Macro Excel?

Berikut ini langkah-langkah membuat form input data dengan menggunakan fungsi Macro Excel:

Langkah #1:

Buat tabel seperti contoh pertama, yaitu tabel yang terdiri dari kolom

  • Kode Akun,
  • Nama Akun dan
  • Laporan.

 

Langkah #2:

Rancangan proses memasukkan data dimulai dengan meng-klik sebuah tombol yang diletakan di sebelah kanan atas dari tabel (perhatikan tabel input di atas).

Bagaimana caranya membuat dan meng-aktifkan tombol TAMBAH AKUN, sehingga saat tombol tersebut di-klik akan muncul ‘form isian data’?

Nah sekarang saatnya menggunakan Macro Excel dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Aktifkan menu DEVELOPER, kemudian pilih INSERT – pilih Command Buton.
  • Bila belum ada menu Developer, caranya sama seperti menambahkan FORM, yaitu dengan meng-akses menu OPTION. Kemudian pilih menu Developer dan tambahkan di menu. Perhatikan gambar berikut:
form input Excel
form input kode akun – membuat tombol command button
  • Selanjutnya buat tombol dan letakkan seperti gambar di atas, yaitu di sebelah kanan atas tabel.
  • Untuk mengganti teks dalam tombol tersebut caranya dengan meng-klik kanan lalu pilih EDIT.
  • Masukan kode program yang kita inginkan.  Caranya dengan meng-klik button VIEW CODE, lalu masukkan kode berikut ini:

 

Private Sub CmdTambahAkun_Click()
FormAkun.Show
End Sub

 

Arti dari kode di atas adalah “perintah untuk menampilkan form Akun ketika tombol Tambah Akun di klik

 

Langkah #3:

Setelah meng-klik tombol “tambah akun” selanjutnya akan muncul form untuk mengisi data-data yang akan dimasukkan.

Bentuk form kita sesuaikan dengan kolom-kolom yang ada di tabel akun. Namanya pun disamakan dengan nama kolom-kolom di tabel akun.

Sehingga bentuk form-nya adalah sebagai berikut :

Form Input Kode Akun
Contoh: Form input Kode Akun

Penjelasan Form: Input Akun

Dalam form di atas ada 3 label yang penamaannya sama dengan kolom-kolom tabel, yaitu

  • Kode Akun,
  • Nama Akun dan
  • Laporan.

Untuk mempermudah peng-inputan data, kita tambahkan 2 (dua) tombol lagi, yaitu tombol ‘Simpan Akun’ dan ‘Tututp Form.

 

#2: Cara Membuat FORM Input Akun

Bagaimana cara membuat Form Input Akun tersebut?

Langkah dan cara mudah membuat Form Input Akun tersebut adalah sebagai berikut:

Langkah #1:

Aktifkan menu Developer, dari dalam grup Code klik tombol Visual Basic.

Setelah jendela Microsoft Visual Basic for Applications ditampilkan, klik menu INSERT dan pilih UserForm.

Cara membuat form input kode akun
Langkah #1: membuat form input kode akun

 

Langkah #2:

Tambahkan 4 (empat) komponen LABEL, yaitu: 3 (tiga) komponen TEXTBOX dan 2 (dua) komponen CommandButon ke dalam form.

Atur posisi komponen sehingga seperti gambar Form Input Akun di atas.

membuat form input kode akun
Langkah 2 – membuat form input kode akun

 

Langkah #3:

Selanjutnya merubah text UserForm1 agar sesuai dengan keinginan kita. Caranya klik menu View, pilih Properties Window.

Di sini kita bisa mengatur jenis, ukuran dan warna huruf dan pengaturan lain sesuai keingin kita.

Cara membuat form input data
Langkah 3 – membuat form input kode akun

 

Langkah #4:

Ganti (name) menjadi FormAkun dan caption diganti menjadi Form Input Akun

membuat form input Excel
Langkah 4 – membuat form input kode akun

 

Langkah #5.:

Selanjutnya klik Label1 kemudian atur properties-nya. Ganti Caption-nya menjadi Akun.

membuat form input data Excel
langkah 5 – membuat form input kode akun

 

Langkah #6.:

Ikuti langkah (d) dan (e) untuk mengatur komponen lain, yaitu Label2, Label3, Label4, TextBox1, TextBox2, TextBox3, CommandButton1, CommandButon2.

Data-data utama pengaturannya adalah seperti tabel di bawah ini :

membuat form input Excel
langkah 6 – membuat form input kode akun

 

Langkah #7:

Setelah selesai, maka penampilan lengkapnya seperti ini :

cara membuat form input data
langkah 7 – membuat form input data

 

Langkah #8.:

Sekarang waktunya untuk menulis kode-kode program-nya.

  • Double klik tombol
  • Simpan Akun
  • kemudian tuliskan kode program dibawah ini.

 

Private Sub CmdSimpan_Click()
1. Sheets(“Akun”).Activate
2. Unprotect Password:=”open”
3. Dim Baris As Long
4. Baris = WorksheetFunction.CountA(Range(“B:B”)) + 5
5. Cells(Baris, 2).Value = TxtKodeAkun.Value
6. Cells(Baris, 3).Value = TxtNamaAkun.Value
7. Cells(Baris, 4).Value = TxtLaporan.Value
8. TxtKodeAkun.Value = “”
9. TxtNamaAkun.Value = “”
10. TxtLaporan.Value = “”
11. Worksheets(“Akun”).Sort.SortFields.Add Key:=Range(“B10”), _ SortOn:=xlSortOnValues, Order:=xlAscending,
DataOption:=xlSortNormal
12. With ActiveWorkbook.Worksheets(“Akun”).Sort
13. .SetRange Range(“B10:D80”)
14. .Header = xlNo
15. 
.MatchCase = False
16. 
.Orientation = xlTopToBottom
17. 
.SortMethod = xlPinYin
18. 
.Apply
19. 
End With
20. 
ActiveSheet.Protect Password:=”open”
21. 
ActiveWorkbook.Save
End Sub

 

Bagi sebagian dari kita (sebagai orang accounting keuangan) mungkin belum terbiasa dengan kode-kode program seperti itu.

Tapi tenang saja, ini penjelasan per barisnya :

Baris 1 – 2 :

Mengaktifkan sheet akun, kemudian membuka proteksi sheet dengan kode password : open.

 

Baris 3 – 7 :

  • Membuat variabel Baris dengan tipe : Long,
  • Kemudian mengisi variabel baris dengan alamat sel kosong,
  • Selanjutnya mengisi sel kosong pada:
    • kolom kedua dengan nilai pada TxtKodeAkun,
    • kolom ketiga dengan nilai pada TxtNamaAkun dan
    • kolom ke-empat dengan nilai pada TxtLaporan.

 

Baris 8 – 10 :

Mengosongkan nilai pada komponen TxtKodeAkun, TxtNamaAkun dan TxtLaporan.

 

Baris 11 -19 :

Mengurutkan nilai pada kolom B, mulai dari urutan terkecil ke urutan yang terbesar.

 

Baris 20 – 21 :

Memproteksi kembali sheet Akun dengan kode password ‘open’ kemudian menyimpan workbook.

Bagaimana, jelas ya? okay, dilanjutkan ya…

 

Langkah #9:

Kembali ke FormAkun, double klik tombol Tutup Form, kemudian tulisan kode seperti berikut ini:

 

Private Sub CmdTutup_Click()
Unload FormAkun
End Sub

 

Arti dari kode tersebut adalah ‘perintah untuk menutup form Akun ketika tombol Tutup Form di klik

Tutup Microsoft Visual Basic for Application lalu kembali ke lembar kerja Excel

Populer

SPTP-TS